Sunday, March 27, 2011

Watch your character

Watch your thoughts; they become words.
Watch your words; they become actions.
Watch your actions; they become habits.
Watch your habits; they become character.
Watch your character; it becomes your destiny.


Perhatikan pikiran-pikiranmu; mereka akan jadi ucapan-ucapan.
Perhatikan ucapan-ucapanmu; mereka akan jadi tindakan-tindakan.
Perhatikan tindakan-tindakanmu; mereka akan jadi kebiasaan-kebiasaan.
Perhatikan kebiasaan-kebiasaanmu; mereka akan jadi watak.
Perhatikan watakmu; ia akan jadi nasibmu.

-- Frank Outlaw

Thursday, March 17, 2011

Propolis

Bismillahhirohmannirohim..
Ada yang pernah denger propolis tak? Madu alami non alkohol, yang (insya allah) katanya bisa mengobati jerawat,dll penyakit lain..
Seperti yang gw percaya, di Al-quran memang disebutkan kalau obat dari segala penyakit itu adalah madu.
Hmmm,berawal dari rasa cinta nyokap ke gw (yang mungkin udah hopeless dg jerawat yg timbyl tenggelam di muka gw kali ye), dan berdasar cerita dan bantuan teman2nya, dibelikanlah gw propolis...
Sejujurnya gw,suami,orang tua udah cukup abis2an ngeluarin uang untuk jerawat yg mbandel ini -_- cape iya,keluar duit juga,dan hasilnya maju selangkah mundur dua langkah, maju dua langkah n mundut selangkah, alias jalan ditempat wae... :D

now,i decided to go back to nature...
Propolis,please help me.. Ya rabb,izinkanlah melalui propolis ini,semua yang ku cita2kan dapat terwujud... Aminn

yah,namanya jg perempuan,haruslah perduli penampilan,haruslah merawat diri.. Ya kan? ;)
okee,let's start!!!

With basmallah...

Sunday, March 13, 2011

Obat tradisional untuk anak

Mengutip dari beberapa resep obat tradisonal untuk anak (ini semua untuk catetan biar ga lupa..)

Berikut sejumlah obat dan bumbu dapur yang biasa digunakan sekaligus
kegunaannya :

Bawang Merah
Untuk menurunkan demam, parut bawang merah secukupnya, balurkan di tubuh
bayi/anak.Untuk borok, 3 siung bawang merah
dan 2 jari rimpang kunyit dicuci,diparut, lalu dicampur dengan 2 sendok
minyak kelapa baru.Hangatkan diatas api kecil
sambil diaduk.Setelah dingin, oleskan pada bagian tubuh yang sakit
sebanyak 2 kali sehari.Untuk masuk angin, 8 siung
bawang merah, dicuci, tumbuk halus, campurdengan air kapur sirih
secukupnya. Balurkan di punggung, leher, perut dan kaki.

Jahe
Untuk menghilangkan masuk angin, perut kembung dan kolik pada
anak.Caranya, 1/4 sendok teh bubuk jahe kering
dilarutkan dalam 1/2 cangkir air panas. Berikan 1-2 kali per hari sesuai
umurnya.

Kunyit (kunir)
Untuk diare, 1/2 jari kunyit dan 3 lembar daun jambu biji muda segar
dihaluskan, campur dengan 1/2 cangkir air, lalu
diperas. Setelah disaring, diminumkan pada anak . Untuk kulit berjamur
atau becak putih jamur/ruam popok karena
pemakaian diapers, parut kunyit lalu oleskan.

Daun jambu Biji (jambu klutuk, jambu batu)
Untuk diare, 3 lembar daun jambu biji muda dan segar dicuci bersih,
tumbuk halus, beri 1/2 cangkir air matang hangat,
diperas dan diambil airnya.Beri garam secukupnya sebelum diminumkan pada
anak.Air perasan diberikan pada anak
sekehendaknya.

Belimbing wuluh (belimbing asam, belimbing buluk)
Biasanya digunakan untuk obat batuk anak. Caranya, kukus (dalam panci
kecil tertutup selama beberapa jam) satu
genggam (sekitar 11-12 gram) bunga belimbing wuluh segar, 5 butiradas, 1
sendok makan gula batu dan 1/2 gelas air.
Saring dan minumkan 2-3 kali per hari dengan dosis sesuai usia anak.

Mengkudu (pace)
Untuk meringankan perut kembung pada bayi. Caranya, panaskan daun
mengkudu diatas api beberapasaat, lalu olesi
minyak kelapa segar / yang baru. Tempelkan pada perut anak sewaktu
hangat. Bisa diulang beberapa kali.

Kemiri
Berkhasiat menyuburkan rambut bayi. Caranya, minyak kemiri dioleskan
pada kepala bayi/anak sambil dipijat perlahan
setiap malam. Pagi hari rambut disampo dan dibilas dengan air hangat
hingga bersih. Minyak kemiri ini lebih baik yang
sudah jadi.

Air Kelapa Muda
Dapat digunakan untuk obat muntaber karena air kelapa muda banyak
mengandung mineral kalium, yang banyak keluar
ketika anak muntaber. Dosisnya tak ada takarannya, sekendak anak.

Brotowali (Putrawali, andawali)
Untuk pemakaian luar bermanfaat menyembuhkan luka-luka dan gatal-gatal
akibat kudis (scabies). Caranya, 2-3 jari
batang brotowali dipotong kecil-kecil, rebus dengan 6 gelas air. Setelah
mendidih, biarkan selama 1/2 jam. Saring air dan
gunakan untuk mengobati luka serta gatal-gatal.

Jeruk Nipis
Untuk mencairkan dahak dan obat batuk anak. Caranya, campur 1 sdm air
perasan jeruk nipis, 3 sdm madu murni, 5
sdm air matang, lalu ditim selama 30 menit. Takaran minum bayi antara
usia 6-1 tahun : 2 kali 1/2 sdt ; anak 1-3 tahun :
2 kali 1 sdt; anak 4-5 tahun : 2 kali 1 1/2 sdt. Cara lain, potong 1
buah jeruk nipis, peras airnya, taruh dalam gelas
/cangkir. Tambahkan kecap manis, aduk. Takaran minum untuk anak, 3 kali
1 sdt per hari.

Kentang
Untuk obat bisul. Caranya, parut kentang dan peras. Oleskan sari air dan
parutan kendtang segar dioleskan pada bisul 3-
4 kali per hari Bisa pula untuk ruam kulit yang disebabkan biang
keringat atau keringat buntet (miliaria), karena sifat
kentang yang mendinginkan.

Banglai (bangle, panglai, manglai, pandhiyang)
Untuk menenangkan bayi dan anak yang sering rewel pada malam
hari,balurkan parutan banglai segal di kening dan
badan anak.

Minyak zaitun
Untuk mengobati kerak kepala atau ketombe pada bayi (craddle
crap),sebanyak 1-2 kali per hari dioleskan pada kulit
kepala.

Lidah buaya
Untuk mengobati luka bakar pada bayi dan anak. Caranya dengan
mengoleskan daging daun lidah buaya pada seluruh
permukaan kulit yang menderita luka bakar.

Daun pepaya
Berkhasiat meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit malaria,
panas,beri-beri dan kejang perut. Caranya,
daun pepaya muda ditumbuk, diperas, saring, lalu minum airnya.
Temulawak (koneng gede)
Untuk menambah nafsu makan. Caranya, 150 gram temulawan 50 gram kunyit
segar dikupas, iris tipis,rendam dalam
500 cc madu kapuk dalam toples tertutup selama 2 minggu.Setelah 2 minggu
ramuan siap untuk digunakan.Aturan
minum 1 sendok makan madu temulawak dilarutkan dalam 1/2 cangkir air
hangat, diminum pagi dan sore.

Kencur
Untuk meringankan batuk pada anak. Caranya, 5 gram kencur segar dicuci
bersih, parut, lalu tambahkan 2 sdm air putih
matang dan diaduk. Setelah disaring, tambahkan 1 sdm madu murni. Berikan
2-3 kali sehari.

Adas (fennel)
Teh adas dapat dipakai untuk meringankan bayi yang menderita kolik atau
yang kesakitan akibat erupsi (keluarnya) gigi.
Untuk obat masuk angin dan kolik, caranya 1sdt teh adas dilarutkan
dengan 1 cangkir air mendidih, aduk hingga larut.
Setelah agak dingin, larutan dapat diminumkan pada bayi/anak dengan
takaran sesuai umurnya.



Semoga bermanfaat! ;)

Saturday, March 12, 2011

Family goes to Surabaya

saya berkomitmen.
dengan suami, kalau kita harus vacation setidaknya setahun sekali.
tujuannya sih untuk refreshing bersama, sekalian proses pembelajaran untuk anak-anak kita. biar lebih tau lingkungan sekitar dan segala keindahan alam.. :)

aqila,ayah,bunda + oma,akas,om ijal..... kita menuju ke surabaya ( 4 hari 3 malam), Kita nginep di hotel JW Marriot, Surabaya.
hmm,senengnya bisa ngerasain nginep di lantai eksekutif hotel tersebut. (haha, mungkin agak norak ya), mengingat seumur hidup gw baru kali ini bisa nginep di hotel yang ada ruang tamu, ruang makan + connecting door.. Hehehehehe....

oke lah, tak ada gambar terasa tak ada kenangan... ini dia :

Flu pingpong

Hmmmm.... Aqila n ayahnya.
Yup,mereka berdua mungkin bener2 dekaaaatttttttt ya?
Sampe2 kalo ayah mau flu,aqila nyusul -__-
kalo aqila flu, ga lama kemudian si ayah ikutan..
Yang rempong,gue deh..! :)
gapapalah, di syukuri aja..

Lain ceritanya kalo gw yg flu.. Yah flu sendirian aja sampe sembuh.. Hihihi
itu bukan masalah koq, yg terpenting setelah flu pingpong mereka, cepet sembuuuhhhh ya !
Penanganan flu untuk aqila,biasanya dimulai begini nih..
Badannya anget.. Itu karena tubuh nya sedang melawan virus flu.
Ga lama dr itu mulai deh "hatchim hatchim".
My treatment are : membalur badannya di punggung hingga tulang pinggul belakang dg bawang merah diiris yg dicampur dg minyak telon + ubun ubun kepalanya jg.
Suhu kamar jgn terlalu dingin, kalo aqila udah bobo n kayaknya hidungnya mampet, ditetesin Breathy. Oia, ramuan bawang merah tadi di taro disamping tempat tidur (biar aromanya tetep bs dihirup aqila).
Ini yg namanya My Home Treatment :)
trusss,panggil teteh si tukang pijit bayi, hehe.. Jd kalo masuk angin, insha allah dibantu lewat pijit si teteh ini, jd better deh..

Kalo udah 2-3 hari ga reda jg panas n flu nya..... Hmmmm go to Dsa nya aqila deh :p
dg harapan biar cepet sembuh dan hanya sakit flu biasa.
:) hehehe

gw akui kalo yang namanya anak sakit, pasti rasanya wadoouhh bgt ya! apalagi ditambah dia males makan, males minum, sensitif, ga mau kena air a.k.a cebok pun... pastilah bikin gw kalang kabut, puter otak bingung bikin menu yg pas di lidah nya...
yg paling penting harus dan wajib hukumnya minum air putih or cairan apapun yg sehat masuk ke perut aqila.. dan itu ngefek banget loh... :)

dan yang terakhir jangan lupa, berdoa sama yg di atas, biar cepet sembuh..
segitu dulu ya sharingnya..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...